Penyebab dan Solusi Dinding Rumah Retak Struktur


Resep atau Cara memperbaiki tembok retak tembus, retak vertikal atau ciri retak struktur.
Anda baru saja selesai membangun rumah, dan berencana untuk segera menggunakannya. Tapi apa yang terjadi? Terlihat retak pada dinding rumah anda. Anda pasti berpikir dua kali sebelum menggunakan rumah tersebut. Dinding retak merupakan masalah yang sering muncul pada dinding, baik pada rumah baru maupun rumah lama. Sebagai tahap awal, untuk mengantisipasi keretakan ini, anda perlu melakukan pemantauan dan memperhatikan bentuk keretakannya. Dengan melakukan langkah awal ini, akan dapat membantu anda untuk menyimpulkan penyebab keretakan dan sekaligus mencari solusinya secara tepat. Pada dasarnya penyebab dinding rumah retak dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu retak struktur dan non struktur.
Retak struktur dapat dikategorikan sebagai retak yang cukup berbahaya terhadap kestabilan suatu bangunan untuk tetap dapat berdiri secara kokoh. Ciri umum yang dapat langsung terlihat jelas pada dinding, adanya keretakan yang ukuran lebarnya lebih dari 2 mm sampai menembus dinding sisi yang lainnya.
Faktor-faktor penyebab dinding rumah retak struktur ini adalah:
·   Adanya pergerakan tanah, pergeseran ataupun penurunan pada struktur pondasi. Hal ini dapat diakibatkan karena daya dukung tanah berdirinya lahan yang kurang stabil setelah terjadinya gempa, banjir dan kejadian alam lainnya.
·   Kesalahan penentuan jenis pondasi yang dipilih ataupun kesalahan penghitungan beban yang akan dipikul oleh pondasi pada saat proses pembangunan.
·   Proses pengerjaan struktur bangunan yang tidak sempurna.
·   Adanya kerusakan pada struktur bangunan utama seperti kolom yang retak atau bengkok, adanya balok penyangga yang jumlah tulangan besi utamanya dan besi pengikatnya tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh bangunan. Sehingga secara perhitungan kekuatan bangunan tidak terpenuhi.
Untuk memperbaiki konstruksi dinding rumah retak struktur ini bukanlah perkara yang mudah. Bukan hanya membutuhkan biaya yang cukup besar karena memerlukan perbaikan atau rekonstruksi struktur bangunan, tetapi juga harus dipastikan bangunan harus tetap dalam keadaan stabil jika ada pergerakan dan pergeseran kembali.
Baca Juga :
-         Akibat Toilet Kotor

Cara mengatasi retak struktur harus dilihat dari penyebabnya, berikut penjelasannya:
Pondasi Turun
Jika penyebab dinding rumah retak struktur diakibatkan karena adanya pondasi yang mengalami penurunan, solusi yang dapat diambil dengan cara membuat pondasi baru secara berdekatan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara melakukan pemadatan pada tanah dibawah lokasi baru yang akan dibangun. Setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan kolom penyangga bangunan yang baru agar penyaluran beban dari sloof dan ringbalk dapat terdistribusi dengan sempurna.
Kerusakan Struktur pada Balok
Tetapi apabila penyebab keretakan karena adanya kerusakan struktur pada balok, perlu diperhatikan terlebih dahulu apakah memungkinkan untuk dapat dibuat tambahan kolom bangunan pada bagian bawahnya. Seandainya memang tidak dimungkinkan lagi melakukan solusi tersebut, solusi lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyuntik/digrouting dengan cairan kimia khusus (epoxy) sebagai pengikat keretakan. Setelah itu dapat dilakukan penambahan dimensi balok dengan perkuatan dari luar.
Kerusakan Struktur Kolom Penyangga Bangunan
Kolom tambahan dapat dibuat apabila kerusakan yang ditemukan terletak pada struktur kolom penyangga bangunan. Kolom tambahan yang akan dibangun tersebut akan mensuport kolom yang rusak dengan membagi beban yang terdistribusi pada kolom-kolom tersebut. Cara lainnya adalah dengan menggunakan sistem penyuntikan dengan cairan epoxy untuk memperkuat kolom yang rusak sebelum memperlebar dimensinya.
Seandainya penyebab dinding rumah retak struktur yang ditemukan pada kolom penyangga bangunan sifatnya minor, solusi perbaikan dapat dilakukan dengan melakukan penambalan dengan plesteran. Tujuannya agar tulangan besi yang terdapat didalamnya tidak terkena udara luar yang dapat menyebabkan karat.
Lakukan pengontrolan air yang mengalir di dasar pondasi bangunan agar kemungkinan erosi yang terjadi dapat dihindari. Hal ini sangat akan sangat membantu agar kemungkinan terjadinya retak pada dinding bagian atas dapat dihindari.
Apabila kamar mandi anda berkerak dan jamur, segera bersihkan sebelum sulit untuk dibersihkan. Gunakan cairan pembersih yang ampuh untuk membersihkannya. Salah satu pembersih yang ampuh dan aman untuk kesehatan keluarga ialah Wisklin. Untuk info selengkapnya  Klik Disini.


Komentar